Halaman

Kamis, 16 Februari 2012

khasiat bawang putih Allium sativum

ehm siapa sih yang gak kenal Allium sativum ?? pada tau dong pastinya ?? apa kamu gak tau apa itu Allium sativum ?? ok guys sebenernya Allium sativum itu nama latin dari bawang putih. tau dong kalau bawang putih. itu loh peran protagonis di cerita bawang merah bawang putih.. oopz bukan itu maksudnya, tapi bawang putih yang dalam bahasa inggris disebut garlic. wow guys ternyata selain dipake sebagai bumbu, si tanaman berbau khas ini juga punya segudang manfaat lainnya. kalo aja kamu mau teratur mengkonsumsi beberapa siung bawang putih secara teratur, Insya Allah deh kesehatan kamu bisa terjamin.
karena kita cuma taunya bawang putih dijadiin bumbu ja, gak ngeh kan kalo ternyata selama ini banyak banget ilmuwan yang tertarik buat neliti si Allium sativum ini?
ternyata kandungan bawang putih ini benar-benar wow membuat saya berdecak kagum. dalam 100 gram bawang putih, terdapat 71 gram air; 23,1 gram hidrat arang; 4,5 gram protein; 0,20 gram lemak; 0,22 mg vitamin B1; 15 mg vitamin C; 134 mg fosfor; 42 mg kalsium; dan 1 mg zat besi. wah luar biasa
ada kabar juga ni guys, kalo kandungan senyawa sulfur, allicin dan sulfide diallyl berpotensi sebagai obat dan antioksidan alami. asal mengkonsumsi gak berlebih, tau sendiri lah guys sesuatu yang berlebihan kan gak ada yang bagus. nah reaksi senyawa allicin jika bertemu dengan sel darah merahdi tubuh dapat meregangkan saluran darah dan membaut darah jadi gampang mengalir. selain itu juga ternyata ekstrak bawang putih dapat melawan virus penyebab flu, jamur dan bakteri penyakit. 
bawang putih juga bisa menjaga jantung agar tetap sehat, dan menurut penelitian orang yang serig mengkonsumsi bawang putih lebih rendah terkena resiko penyakit kanker perut dan kanker usus besar. mau menurunkan lemak dan kolesterol dalam tubuh?? wah Allium sativum  ini juga cocok banget dijadiin alternatif ya tapi tetep harus dkombinasikan dengan olahraga yang teratur tentunya (hehehe).
saya juga gak tau apa alasan ilmiahnya. cuma aja kalo saya sedang jerawatan dan saya rasa itu sangat mengganggu, saya sering menggunakan bawang putih sebagai alternatif pengobatannya. cukup simple. dikupas, dipotong dan tempelkan saja pada jerawat. memang agak perih sih tapi hasilnya jerawat cepat mengering dan tidak ada bekasnya. justru yang menjadi bekas jerawat di wajah saya itu yang saya diamkan atau yang saya obati dengan obat-obatan kimia, hehe tergantung kulit juga si memang :D
gimana cara mengkonsumsi bawang putih?? bisa dengan cara mengupas, mengiris kemudian langsung dimakan atau ditambahkan dengan madu jika memang tidak suka  dengan baunya.
ok guys semiga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar