Halaman

Sabtu, 03 Desember 2011

Bunga Bangkai Mekar di Cijeungjing Padalarang Bandung Barat

KRISHNA AHADIYAT/"PRLM"
KRISHNA AHADIYAT/"PRLM"
WARGA mengamati bunga bangkai yang tumbuh di halaman rumah Nenden Sri Rayanti (jongkok) di RT 02 RW 16 Kampung Cijeungjing, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin...
NGAMPRAH, (PRLM).- Bau menyengat tiba-tiba tercium dari halaman rumah Nenden Sri Rayanti (42), warga Kp. Cijeungjing, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pekan lalu. “Baunya sangat menusuk hidung seperti bau bangkai,” ucapnya.
Nenden yang disambangi "PRLM" di rumahnya, Senin (28/11)., sama sekali tidak menduga bahwa bau busuk itu ternyata muncul dari bunga bangkai di halaman rumahnya yang tumbuh begitu saja di antara berbagai tanaman peliharaannya. Dia menemukan dua bunga bangkai jenis Amorphophalus campanulatus dengan mahkota bunga berwarna kehijauan dan kepala putik berwarna ungu kehitaman.
Salah satu bunga bangkai milik Nenden kini telah layu dan membusuk setelah tumbuh sekitar tiga minggu lalu. Ketika mencapai puncak pertumbuhannya, bunga itu memiliki tinggi hingga 60 cm dengan diameter kelopak bunga sekitar 45 cm.
“Bunga ini mengeluarkan bau busuk selama tiga hari ketika masih berkembang. Saat sudah berkembang total, bau busuknya hilang dan beberapa hari kemudian menjadi layu,” ucapnya.
Sementara satu bunga lainnya kini masih berkembang dan diperkirakan mencapai puncak pertumbuhannya seminggu kemudian. Tinggi bunga itu saat ini sekitar 40 cm dengan diameter bunga 20 cm dan belum menimbulkan bau busuk.
Kedua bunga bangkai itu, menurut Nenden, tumbuh dari benih suweg yang ditanamnya sekitar 5 tahun lalu. Benih itu diperolehnya dari daerah perkebunan di Rajamandala, Cipatat dan berguna sebagai tanaman pagar. (A-192/A-88)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/167261

Tidak ada komentar:

Posting Komentar